Senin, 11 Februari 2013

Mengganti Linux OS ke Windows OS


Beberapa waktu lalu aku ingin mencoba sistem operasi linux. Setelah data-data penting semua ku pindah ke dalam hardisk eksternal, mulailah aku menginstal linux di netbook. Sengaja aku memilih untuk menghapus sistem operesi windows yang sudah ada di netbookku.
Ternyata oh ternyata setelah proses penginstalan linux selesai saya mencoba menancapkan modem yang ku miliki ke netbook kesayanganku.
Dan........................................... yang terjadi adalah modemku tak terdetek di linux T_T
apa yang harus kulakukan tanpa internet, hidupku hampa, duniaku hancur, hari-hariku akan sepi (lebai deh ah)
Lalu ku putuskan untuk menginstal kembali windows 7. Ternyata oh ternyata lagi,,, windows 7 tidak mau diinstal, alasannya tidak terdapat hardisk (alias hardisk yang tadi sudah ku ganti linux tidak mau terdetek di windowos 7). Hal ini karena perbedaan tipe format hardisk antara linux dan windows.
Setelah baca blog sana-sini, mereka hanya menulis supaya mengganti tipe format hardisknya ke NTFS supaya windows 7 bisa diinstal, tetapi tidak menulis bagaimana cara menggantinya.
Akhirnya ku putuskan untuk mengintal windows xp terlebih dahulu. Sebenarnya ini hanya coba-coba aja, karena setahuku di wondows xp kita bisa memformat hardiks laptop. Jadi ku pikir kalau bisa di instal windows xp berarti bisa mengganti formatnya.
Ternyata oh ternyata lagi bisa............, jadi setelah proses instalasi windows xp selesai, aku menjalankan proses instalasi windows 7, dan berhasil. Laptopku kembali ke windows 7 dengan selamat ^_^.